Info Putra Heights 2016

Inilah 3 Wanita Penting di Sejarah Teknologi

 

Ada Lovelace-Grace Hopper-Jean Bartik


Jean Bartik

Bernama panjang Betty Jean Jennings, perempuan yang sering dipanggil Jean Bartik ini adalah salah satu dari ramaiperempuan yang bekerja di ENIAC.

Setelah lulus dari jurusan matematik di Northwest Missouri State Teachers College, ia 'dibeli' oleh University of Pennsylvania untuk bekerja pada Army Ordnance di Aberdeen Proving Ground pada 1945.

Di sana ia bertemu Kay McNulty, dan menjadi salah satu programer pertama ENIAC. Program yang dihasilkannya pertama kali pada waktu itu digunakan untuk menghitung lintasan balistik.

Bartik terus bekerja di ENIAC saat program buatannya itu telah menjadi salah satu program komputer paling penting yang dipasarkan.

Ia juga ikut mengerjakan BINAC dan UNIVAC I, komputer generasi pertama.Ia kemudian menjadi editor untuk Penerbit Auerback, lalu pindah lagi untuk bekerja pada Data Decisions yang didanai oleh Ziff-Davis Publishing).

Namanya diabadikan sebagai nama museum di Northwest Missouri State University.

Grace Hopper

Laksamana Hopper bukanlah programer perempuan pertama, tetapi ia adalah perempuan pertama yang lulus dari Yale dengan gelar Ph.D di bidang matematik. Ia juga merupakan perempuan pertama yang mencapai pangkat Admiral di Angkatan Laut AS.

Selain menciptakan compiler komputer pertama pada 1952, Laksamana Hopper mengembangkan COBOL (Common Business-Oriented Language). Ia pula yang pertama kali mempopularkan istilah bug dan debugging yang istilah itu sebenarnya tersebut saat ia berusaha mengusir seekor penyegat dari komputer yang ia gunakan untuk bekerja.

Ia juga berperanan penting dalam penciptaan bahasa pemrograman FLOW-MATICuntuk komputer UNIVAC I dan II.

Ada Lovelace

Augusta Ada King, atau Countess of Lovelace adalah anak dari penyair Lord Byron dan Anne Isabella Milbanke. Ia adalah seorang ahli matematik yang dikenal dengan julukan "puteri jajaran genjang". Ia mengajar matematik dan ilmu pengetahuan kerana tidak mahu menjadi penyair seperti orangtuanya.
Ia mantap berkecimpung di dunia teknologi pada 1843 saat ia menerjemahkan karya pemrograman komputer Luigi Menabrea di mesin analisis Charles Babbage.

Ketika ini, catatan terjemahannya itu diyakini sebagai algoritma pertama yang berfungsi untuk dapat diproses mesin. Hal itulah yang membuat Ada Lovelace dianggap sebagai seorang programer komputer pertama.
Namanya juga digunakan sebagai nama bahasa pemrograman yang dihasilkan oleh Jabatan Pertahanan Amerika Syarikat pada 1980.Nama Lovelace terkenal di kalangan anak-anak perempuan pecinta teknologi.
 
 
0 Komentar untuk "Inilah 3 Wanita Penting di Sejarah Teknologi "

Tinggalkan sepatah dua kata untuk tatapan pengunjung putraheights.org.

Back To Top